Kamis, 19 Desember 2013

SERUNYA FESTIVAL AIR DI DUNIA

Menghabiskan waktu liburan dengan berkunjung ke negara lain memang sangat menyenangkan. Apalagi jika negara yang dikunjungi sedang ada festival – festival khusus, wah pasti liburan jadi semakin seru.

Salah satu festival yang rutin dirayakan adalah Festival Air. Festival ini memang selalu ditunggu-tunggu, selain bisa dinikmati oleh masyarakat setempat, kegiatan ini juga bisa diikuti oleh para wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Tak hanya anak – anak saja tapi orang dewasa pun juga sangat menyukainya. Aksi basah-basahan dengan kegembiraan bercampur tawa menjadikan festival air ini memiliki momen keseruan tersendiri. Dilansir dariHuffington Post, berikut festival air yang bisa dikunjungi di delapan negara:

1. SONGKRAN


Mulanya festival ini hanya dirayakan oleh umat Hindu saja. Namun seiring dengan waktu, festival Songkran menjadi salah satu festival yang paling populer di Thailand. Festival terbesar ini biasanya diselenggarakan pada pertengahan April dan menjadi perayaan yang paling ditunggu ditengah musim panas yang terjadi di negara ini.

2. SEATTLE WATER BALLOON FIGHT


Musim panas ini, Seattle Party Camp merayakan acara pesta balon air terbesar. Festival yang diselenggarakan sepanjang hari ini bukan hanya untuk bersenang – senang saja, namun juga sebagai upaya memecahkan Guinness World Record dan mengumpulkan dana untuk amal.Kegiatan ini pun mendapat respon yang sangat baik, banyak balon-balon berisi air menghiasi Seattle. Untuk tahun ini, donasi yang berhasil terkumpul sebesar US$55 ribu.

3. THINGYAN


Thingyan diselenggarakan pada pertengahan April, festival air ini punya tradisi yang berbeda dengan Songkrang. Festival air yang ada di negara Myanmar ini berasal dari tradisi masyarakat Buddha, di perayaan ini orang-orang di jalanan akan saling lempar air di dalam ember. Pada saat yang sama, mereka juga fokus untuk melakukan perbuatan baik untuk orang lain.

4. DAI WATER SPLASHING FESTIVAL


Festival ini sangat penting bagi etnis minoritas Dai di China. Perayaan ini diselenggarakan selama tiga hari. Pada hari pertama, warga berbelanja di pasar. Hari kedua, mereka akan mengapungkan lentera di sungai untuk menangkal roh jahat sedangkan hari ketiga, mereka akan berdandan dengan pakaian terbaik mereka dan berkumpul di sebuah kuil Buddha. Di kuil tersebutlah, perang air dimulai.

5. FIESTA DEL AGUA Y DEL JAMON


Festival ini dilakukan untuk mengenang San Juan Batista alias Yohanes Pembaptis. Nama lain dari festival ini adalah 'Water and Ham Festival'. Terjadi tengah malam pada tanggal 23 Juni, dimana orang-orang akan mulai saling guyur dengan air. Setelah guyur-mengguyur, selanjutnya diadakan pesta bir dan kembang api.

6. CHAUL CHNAM THMEY


Festival ini juga dikenal sebagai perayaan Tahun Baru Kamboja. Chaul Chnam Thmey berfokus pada pembersihan spiritual dan perbuatan baik. Di festival ini warga akan mandi dengan air suci dan memercikkan air wangi ke biksu dan patung Buddha. Festival ini biasanya selalu diiringi dengan musik dan kesenian tradisional.

7. VARDAVAR


Dirayakan di Armenia, festival air ini berasal dari kedua akar kepercayaan yaitu Kristen dan Pagan yang dianut oleh warga sekitar. Dalam tradisi, diceritakan dewi pagan Astghik akan menyebar cinta dan air mawar di seluruh negeri sedangkan Vahagn akan melindungi rakyat. Festival Armenia dirayakan dengan cara berpesta di jalanan sambil menyemprot air. Menariknya, festival Vardavar ditandai dengan pelepasan merpati ke udara.

8. NEW YORK CITY WATER FIGHT


Tanggal 29 Juni lalu, New York menyelenggarakan perang air raksasa.Festival air ini dilakukan di Great Lawn, Central Park. Disini orang-orang saling perang air dengan semprotan air. Festival ini sangat menarik ribuan peserta dan kalangan media.