Senin, 01 November 2010

3 TIPS MELAKUKAN PERJALANAN WISATA UNTUK PEMULA

Selama berkecimpung didunia travel, seringkali kami menemukan peserta ataupun tamu yang baru pertama kali ingin melakukan liburan keluar negeri. Sedangkan begitu banyak penawaran paket perjalanan ditawakan oleh begitu banyak penyedia jasa perjalanan tanpa pendampingan khusus saat melakukan pemesanan tempat atau lazimnya disebut dengan booking.

Alhasil, tamu ataupun peserta tour seringkali merasa tidak nyaman ataupun tidak sesuai paket yang dipesan dengan yang diharapkan. Adapun hal itu karena begitu banyaknya saat ini paket perjalanan "murah meriah" yang disiapkan dengan fasilitas yang benar-benar minimal untuk mengurangi biaya perjalanan.

Selain itu memang tidak dipungkiri karena begitu banyaknya peminta perjalanan, maka penyedia jasa seakan tidak sabar melayani peserta ataupun tamu yang baru pertama kali melakukan perjalanan dan karena kebingungannya, ada begitu banyak pertanyaan yang simple namun penting bagi si peserta/tamu.

Nah, Kali ini Pelita Mas Wisata dengan motto "LCTT - Low Cost Tour and Travelling" akan berusaha membantu dan memberikan sedikit travel tips tentang bagaimana cara memilih paket tour yang terbaik, yang cocok antara keinginan dan kebutuhan, serta aman dan nyaman sesuai dengan pengalaman kami menjadi PARTNER bagi semua tamu kami pemikat liburan.

1. Tentukan tujuan wisata dan budget anda -jauh jauh hari

Menentukan tujuan wisata seringkali dianggap sepele oleh kebanyakan orang, padahal memilih tujuan wisata yang akan anda kunjungi ini adalah proses awal yang sangat penting, bila anda ingin melakukan perjalanan wisata dan menentukan jenis paket dari tour yang anda diinginkan!

Sebelumnya, sebaiknya tanya anggota keluarga atau rekan anda, diskusikan, buat beberapa alternatif tujuan wisata yang ingin anda pilih. sebaiknya jangan terlalu banyak, saran kami maksimal 3 alternatif agar nantinya anda pun tidak bingung begitu disodori banyak pilihan.

Sesuaikan pilihan dengan budget anda. ini terlihat cukup mudah. Secara logika, banyak orang membayangkan bahwa wisata domestik tentunya jauh lebih murah ketimbang wisata internasional, namun terkadang pada pelaksanaannya malah bisa saja wisata International Harganya menyerupai bahkan sama dengan paket Domestik. Selain itu, yang lainnya adalah pertimbangan wisata di asia tentu lebih murah ketimbang wisata eropa atau amerika atau oceania.

Untuk masalah kepastian biaya bisa anda ketahui nanti saat berhubungan dengan travel advsor kami, namun yang penting anda harus memilih dan mengetahui berapa budget yang sesuai.

Perlu anda perhatikan bahwa sebaiknya memilih dan menyiapkan kedua hal diatas jauh-jauh hari. Beberapa pertimbangannya adalah anda nanti harus menyiapkan tiket pesawat, dokumen perjalanan, melakukan booking hotel, tour dan lain sebagainya. Selain itu, anda bisa menabung dan menyiapkan dana yang cukup bila jadwal perjalanan masih agak jauh untuk membiayai perjalanan wisata anda. Memang ada beberapa negara yang hari-hari ini tidak mengeluarkan rate hotel bila waktunya masih lebih dari 6 bulan. Namun anda tak usah khawatir, dengan travel advisor kami anda dapat bertukar pikiran dulu kira-kira hotel seperti apa yang anda harapkan misalkan dari budget anda, fasilitas hotel, lokasi hotel dengan tempat tujuan maupun dengan tingkat keramaian serta keamanannya.

Semakin dini anda menyiapkan ada kemungkinan biaya yang akan anda keluarkan pun bisa lebih murah.

2. Cari informasi tujuan wisata

Setelah fokus dengan pilihan anda, kini saatnya untuk mencari informasi tentang tempat, tujuan atau obyek wisata yang akan anda kunjungi nanti. dan ini adalah bagian yang paling menyenangkan. Bahkan ini akan selalu menyenangkan bagi semua travel advisor kami.

Anda bisa saja untuk mencari mudahnya dan tak perlu repot untuk datang ke travel agent atau membeli travel book di toko buku. yang paling mudah dan murah, adalah di internet. Anda buktinya pun menemui kami di Internet :)

Sedikit rahasia dari kami :p

Tidak semua staff tour tahu mengenai informasi tujuan atau obyek wisata yang ingin anda kunjungi dan memang faktanya banyak pekerja pariwisata yang sebenarnya hanya senang dan merasa puas dengan pundi-pundi yang diperoleh oleh client ketimbang memperoleh kepuasan dari memberikan bantuan berupa informasi wisata yang bermanfaat. dan lebih parahnya, kebanyakan dari pekerja wsiata tidak terus meng-update pengetahuan mereka tentang pariwisata. Namun jangan pernah pre-judge by cover ya. Memang banyak yang seperti itu, dan lazimnya bisnis memang menuntut keberhasilan dari sisi materi, namun pastinya tetap ada yang selalu setia menjadi advisor anda.

Cara lainnya yang juga praktis adalah, minta informasi dan rekomendasi dari keluarga atau rekan lain yang pernah mengujungi obyek wisata atau tujuan wisata yang akan anda kunjungi. Namun inipun sangat subyektif karena selera setiap orang berbeda-beda. Pengalaman mereka pun jelas berbeda dengan travel advisor yang melihat dari sisi obyektif dan permintaan massa. So, dijadikan bahan pertimbangan bisa, namun seperti rasa dari makanan, setiap orang punya pandangan dan lidah yang berbeda.

Setelah cukup informasi, kini saatnya anda harus menetapkan satu tujuan wisata yang akan pilih.

3. Pilih paket tour atau arrange sendiri?

Jika anda sudah melakukan kedua langkah di atas, berarti setidaknya anda sudah lebih siap untuk berangkat wisata. Apakah memilih paket perjalanan di travel agent yang anda percaya atau berangkat sendiri dengan cara mengurus dan membeli sendiri tiket perjalanan wisata anda itu pilihan anda.

Namun pastinya dua hal di atas ada plus minus nya,

Nah, sekarang tanyakan pada diri anda, apakah anda tipikal orang yang memilih keamanan dan kenyamanan? atau anda adalah tipikal orang yang senang berpetualang sambil merasakan kebebasan dan sensasi tantangan? atau yang suka menggabungkan keduanya?

Jika anda ingin aman dan nyaman, saran kami sebaiknya pilih paket perjalanan yang siap berangkat dan dijual oleh travel agent. anda tidak perlu repot mengurus dokumen, mencari tiket pesawat, membooking hotel, tour dan makan, anda akan dipandu oleh guide yang berpengalaman. jadwal dan harga bisa anda lihat dengan jelas. Dan bila kemudian ada yang kurang jelas, jangan ragu untuk menanyakannya. kekurangannya, anda harus mengikuti aturan dan jadwal yang ada dan bila ingin melenceng, maka anda tidak mendapat pengembalian dana dari fasilitas yang tidak anda gunakan.

Namun ada solusinya buat permasalahan ini. Jika anda ingin bebas dan tidak terlalu terikat dengan jadwal, saran kami ambil private tour atau free and easy tour. Kelebihannya anda memiliki lebih banyak waktu disuatu tempat dan bisa lebih santai tanpa diuber-uber untuk berkumpul dan menunggu sampai semuanya tiba. Lebih menyenangkan dan jelasnya bisa lebih puas. Paket free and easy hampir selalu ada disemua travel agent, sedangkan private tour akan dibantu oleh travel advisor kami. Anda akan dijelaskan tentang tempat liburannya dan apa saja yang akan anda dapatkan.

Selain itu anda juga bisa mengatur perjalanan anda sendiri. Begitu banyak website yang menawarkan hotel, pesawat dan lain sebagainya. Kelihatannya menyenangkan memang, tapi percayalah, anda harus meluangkan waktu dan tenaga untuk mengurus segalanya jauh-jauh hari dan kekurangannya anda harus memandu diri anda sendiri dan mandiri. Semua harus anda persiapkan dengan matang atau kalau tidak anda akan mengalami banyak kesulitan.

Apa kira-kira yang akan terjadi? Mulai pesawat yang jadwalnya kurang pas (Biasanya tiket yang murah tiba ditengah malam) sehingga anda harus mengalami kesulitan karena tidak adanya transportasi dari bandara ke hotel dan kalaupun ada biayanya cukup mahal, atau hotel yang tidak terkonfirm karena beberapa hal teknis ataupun waktu yang banyak terbuang karena dipersulit oleh pengemudi transportasi umum yang terkadang sama seperti di Indonesia, suka memutarkan tamunya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Atau terbatasnya penguasaan bahasa sehingga sering kesulitan dalam perjalanannya.

Saran kami, pilih saja paket tour yang tersedia, setelah itu bila anda berencana untuk berwisata kali kedua anda bisa berangkat sendiri bila anda sudah merasa yakin dengan pengetahuan anda :) bijaksana bukan?

Sebenarnya, masih banyak lagi tips berikutnya yang kami siapkan untuk anda, sering-seringlah mengecek blog kami dan nantikan traveling tips dari kami berikutnya!

Salam hangat dari Pelita Mas Wisata Indonesia,

Untuk menghubungi kami, silahkan cek YM kami di website kami www.pelitalctt.com

Semoga sukses selalu dan selamat berpetualang, Dunia terlalu indah untuk dilewatkan karena memang keindahan alam dan keajaibannya diciptakan untuk kita nikmati secara positif.